Assalamu’alaikum sahabat, mari kita share sedikit ilmu dalam Bloggku ini. Semoga bermanfaat, syukron. J
Di dalam Manajemen Pemasaran
untuk mengetahui informasi relevan bagi sebuah perusahaan dalam mengembangkan
industrinya atau kategori produknya kita perlu mengetahui perbedaan dari
definisi Fad (Mode), Trend, dan Megatrend. Blog ini membahas sekilas
perbedaan-perbedaan tersebut dan disertai dengan contoh yang relevan. Semoga bermanfaat.
Let’s learn and share...
A. Fad
Fad adalah sesuatu
yang tidak dapat diperkirakan, berumur pendek dan tanpa signifikansi sosial,
ekonomi dan politik (Philip Kotler, Manajemen Pemasaran). Dapat dikatakan
juga situasi yang tidak dapat diprediksi,
terjadi untuk jangka pendek, tanpa menunjukkan adanya signifikansi bagi
perusahaan baik secara sosial maupun ekonomi. Salah satu contoh produk yang
termasuk ke dalam fad adalah jam tangan yang menyala, sepatu yang menyala atau
sepatu yang berbunyi karena produknya saat ini sudah tidak diminati lagi.
B.
Trend
Trend adalah arah atau urutan kejadian
yang mempunyai momentum. Trend lebih mudah diperkirakan dan lebih berlangsung
lama dibandingkan fad (Philip Kotler, Manajemen Pemasaran). Salah satu contoh
produk yang termasuk kedalam trend adalah mode pakaian remaja saat ini yang
mengadaptasi dari mode pakaian remaja pada tahun 70an. Saat ini hampir di
seluruh dunia mode pakaian tersebut banyak diminati remaja. Trend
juga dapat diprediksi dan terjadi dalam durasi yang lebih panjang. Trend terjadi
pada masa yang dapat diamati dalam jangka panjang, terjadi pada berbagai
bidang pemasaran dan kegiatan konsumen, dan konsisten terhadap berbagai indikator dan
terjadi pada masa yang sama.
C.
Megatrend
Megatrend adalah suatu perubahan besar dalam
sosial, ekonomi, politik dan teknologi yang lambat terbentuk dan setelah
terjadi perubahan tersebut dapat berpengaruh dalam jangka waktu yang lama. (Philip
Kotler, Manajemen Pemasaran). Contoh produk yang termasuk kedalam megatrend
yaitu akses internet dan media sosial. Dahulu orang-orang mendapat informasi
hanya dari koran atau majalah saja, tetapi saat ini masyarakat mendapatkan
informasi dengan mudah lewat internet ataupun penggunaan media
sosial (social media): Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp, Path dan
media sosial lainnya.. Selain
itu internet juga saat ini digunakan untuk media berbisnis, media kampanye
politik sampai media edukasi.
Terimakasih, telah mengunjungi blogg ini :).
Playtech launches new iGaming studio in Malta - The
BalasHapusPlaytech has launched 진주 출장안마 its iGaming studio 남원 출장샵 in Malta. It has two 부산광역 출장안마 live dealer studios which are 전라북도 출장마사지 located 양산 출장마사지 in the company's office